Selasa, 29 September 2009

Habit

Baru aja gw baca blog tmen gw tentang habit. Membiasakan diri untuk hidup sehat, exercise.. kalo ada yang mau baca tulisannya tinggal klik www.viewofjeremia.wordpress.com. Stiap sharing orang lain memang sering jadi inspirasi gw buat nulis.

Tanpa kita sadari kita memang perlu untuk menyesuaikan diri terhadap apapun. Untuk survive. Teori purbanya yaitu sepuh darwin dengan teori evolusinya. Yah, dalam masa penyesuaian diri memang ada ketidaknyamanan bisa jadi karena ada perasaan asing, kekeuh dengan value atau nilai yang kita punya sampai ga rela ninggalin yang namanya comfort zone. Gw juga ngalamin dengan terbuai comfort zone sampai gw sadar itu kebiasaan baik yang berdampak buruk (iya donk aku kan tipe setia.. tak usah pake kacamata kuda.. asosiasi yang aneh??)Trus apa donk hubungan comfort zone dengan kesetiaan, eh maksudnya penyesuaian diri? Benang merahnya yakni dalam tahap penyesuaian diri memang kita mesti membiasakan diri dengan hal-hal yang sebelumnya tidak biasa bahkan engga pernah kita lakukan.

Salah satunya adalah hasil curhatan temen gw yang bermasalah dengan pasangan barunya yang konon ceritanya tidak rajin/ bisa dibilang tidak hobi smsan. Sampe-sampe dia kesel karna balesnya pendeklah, lamalah, kesannya ga pedulilah padahal kalo ketemu ga secuek itu. Hal-hal kecil yang menurut temen gw itu penting, nah buat pasangannya ga penting. Nah.. ujung2nya berantem deh.. Solusinya dijawab oleh pakar perkawinan tanpa gelar alias sharing om-tante, oma-opa, dan pasangan2 yang udah lamaaa bersama yakni.. lama-lama juga biasa.. jadi emang bener untuk membentuk suatu perilaku yang diharapkan menurut ilmu psikologi yang gw dapet adalah membentuk perilaku itu jadi sebuah kebiasaan. Perlu adanya pengulangan.. lama kelamaan jadi terbiasa

Satu hal yang ga kalah penting yaitu mau mencoba, kaya di film yes man.. gw edit dikit.. not say yes for everything but say yes first before you say no.. jadi coba dulu sebelum bilang ga bisa. Kalo emang nyoba dan berusaha ternyata ga bisa, berarti itu bukan talenta kita untuk menjalankannya. Namanya juga manusia ada yang namanya keterbatasan.

Ssssstt.. kata bos gw di bukunya " Anda Pasti Bisa!"
Kata Titi Kamal di iklan makarizo " You wanna try?"

Hohoho.. promosi tersiratnya banyak yah..
:P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar