Rabu, 06 Mei 2009

Steadiness

Udah sekitar 2 hari gw berkutat dengan alat tes yang namanya DISC.. kalo kenal alat ini sih udah lama tapi baru membedahnya sekarang ini.. Tentunya tes ini teramat beda dengan tes-tes yang ada di facebook.. walau kadang untuk mengusir kejenuhan dan mencari inspirasi gw suka nyoba quiz-quiz jayus itu..

Sebelum membedah DISC, satu hal yang pengen gw tau adalah gambaran diri sendiri, dulu pernah nyoba tapi ga terlalu aware.. Yes, jawabannya adalah gw cenderung steadiness person.. kira-kira beginilah deskripsi yang gw tulis:

Orang-orang steadiness berfokus pada keseimbangan dan keharmonisan. Mereka menyukai kedamaian dan suka memberikan pertolongan/dukungan pada orang lain. Hal yang paling ditakuti oleh mereka yaitu perasaan insecure. Mereka memiliki kelebihan dalam hal menjadi pendengar yang baik, ramah, sabar dan memiliki komitmen yang baik dalam menyelesaikan suatu hal. Mereka merupakan gambaran kepribadian yang hangat dan tenang. Di sisi lain, mereka memiliki kekurangan dalam hal tidak ekspresif sehingga sulit ditebak, tidak menyukai perubahan, tidak tegas serta sulit mengambil keputusan. Cara berpikirnya yaitu dengan mempertimbangkan dari sudut pandang orang lain sehingga menjadikan mereka kooperatif dan enak untuk diajak bekerjasama. Dalam berkomunikasi, umumnya mereka merespon hal yang dibicarakan oleh lawan bicaranya dan membuatnya mengalir. Lingkungan yang ada di sekitarnya dipandang secara baik dan menginginkannya untuk jauh dari konflik oleh karena itu orang-orang steadiness muncul untuk menjadi pembawa kedamaian.

Meskipun engga sepenuhnya bener tapi secara garis besar gw mengakui bahkan baru menyadarinya. Yang gw akui adalah sifat tidak tegas dan perasaan insecure yang sering muncul, meski gw bukan pure steadiness dengan suka mencoba hal-hal yang baru dan engga berekspresi flat kalo lingkungan membuat gw nyaman.. waduh nyampur nih sama locus of control gw yang eksternal :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar